Saturday, April 26, 2014

FUNGSI SMADAV

4 fungsi utama Smadav :

1) Proteksi tambahan untuk komputer Anda, 100% kompatibel dengan antivirus lainnya!
Sebagian besar antivirus tidak bisa di-install bersama antivirus lainnya, itu karena antivirus tersebut didesain untuk proteksi utama pada komputer Anda. Berbeda dengan Smadav, Smadav adalah tipe antivirus yang di-desain sebagai proteksi tambahan, sehingga 100% kompatibel dan dapat berjalan dengan baik walaupun sudah ada antivirus lain di komputer Anda, dalam hal ini Smadav berfungsi sebagai lapisan pertahanan kedua. Smadav mempunyai caranya sendiri (behavior, heuristic, dan whitelisting) dalam mendeteksi dan membersihkan virus sehingga akan lebih meningkatkan keamanan di komputer tersebut. Karena penggunaan resource Smadav yang sangat kecil, Smadav tidak akan menambah berat kinerja komputer Anda dalam penggunaannya. Jadi, dengan perpaduan proteksi antara Smadav dan antivirus yang sudah ter-install di komputer Anda akan semakin memperkuat pertahanan komputer Anda dari infeksi virus.

2) Best USB Antivirus (Proteksi Total USB Flashdisk)
USB Flashdisk adalah salah satu media penyebaran virus terbesar di Indonesia. Smadav mempunyai teknologi khusus untuk pencegahan total virus yang menyebar via USB Flashdisk. Misi Smadav adalah 100% tidak ada lagi infeksi virus dari flashdisk. Smadav mempunyai cukup banyak signature virus yang menginfeksi flashdisk, dan mempunyai kemampuan khusus untuk mendeteksi virus baru di flashdisk walaupun belum ada di database Smadav. Tidak hanya pencegahan, Smadav juga mampu membersihkan virus yang menginfeksi dan mengembalikan file yang disembunyikan virus di USB Flashdisk tersebut

3) Best for offline use (tidak perlu update terlalu sering)
Smadav sangat baik digunakan untuk komputer yang jarang atau bahkan tidak terkoneksi ke internet. Smadav tidak perlu melakukan update sesering antivirus lainnya yang biasanya melakukan update per minggu bahkan per hari. Smadav biasanya melakukan update hanya sebulan sekali (monthly). Smadav tidak terlalu tergantung pada signature/database virusnya, tapi lebih bergantung kepada teknik deteksi behavior, heuristic, dan whitelisting.

4) Cleaner dan tools untuk membersihkan virus
Smadav juga mampu membersihkan virus yang sudah menginfeksi komputer dan memperbaiki registry yang diubah oleh virus tersebut. Antivirus lainnya biasanya tidak melakukan pembersihan registry sehingga komputer belum kembali normal setelah dibersihkan antivirus tersebut. Banyak tools pendukung yang disertakan di Smadav sebagai senjata untuk melakukan pembersihan virus.


Smadav Pro memiliki beberapa fitur yang tidak dimiliki oleh Smadav Free. Berikut ini adalah fitur-fitur tambahan yang akan Anda dapatkan pada Smadav Pro : Update Otomatis Online, Scanning Lebih Cepat, Exception List, Maximize/Resize, Mengganti Warna Tema, Password Admin, dan Izin Penggunaan Profit. Anda harus menjadi member untuk mendapatkan Smadav Pro.
Catatan : Smadav Free & Pro mempunyai kemampuan deteksi yang sama. Bedanya hanya pada fitur auto-update dan fitur tambahan lainnya.
Untuk pengguna Smadav Free, Anda harus men-download ulang file Smadav 2014 Revisi terbaru kemudian membuka program Smadav tersebut di komputer Anda dan tidak perlu koneksi internet lagi, nanti akan ada konfirmasi bahwa Smadav akan di-update. Smadav versi Free tidak mempunyai fitur update otomatis, untuk mendapatkan update otomatis lewat internet Anda harus menggunakan Smadav versi Pro. Jika menggunakan Smadav Pro, Anda tidak perlu lagi memikirkan update Smadav karena Smadav yang ada di komputer Anda akan otomatis terupdate jika terkoneksi ke internet.

Smadav Update 2014 - Smadav Antivirus


BERIKUT INI BEBERAPA PENJELASAN SINGKAT TENTANG UPDATE SMADAV DARI 2013 SAMPAI SEKARANG . . . . . .
  • Smadav 2014 Rev. 9.7 : Penambahan database 161 virus, Penambahan teknik pendeteksian program berbahaya pada USB, Penyempurnaan proses update Smadav Pro, dsb.
  • Smadav 2014 Rev. 9.6 : Penambahan database 223 virus baru, Perubahan tampilan utama Smadav 2014, Penyempurnaan proses instalasi Smadav, Penambahan teknik pendeteksian virus pada USB, dsb.
  • Smadav 2013 Rev. 9.5 : Penambahan database 152 virus baru, Fitur baru pada program Smadav (Upload Virus), Penyempurnaan teknik proteksi, (9.5.3) Penyempurnaan pembersihan virus MyPicutre dan perbaikan beberapa Bug.
  • Smadav 2013 Rev. 9.4 : Penambahan database 121 virus baru, Penyempurnaan metode deteksi (heuristik) dan pembersihan virus, (9.4.2) Penyempurnaan pembersihan virus VBS dan registry, dsb.
  • Smadav 2013 Rev. 9.3 : Penambahan database 143 virus baru, perubahan metode update dan ketentuan upgrade smadav pro, dsb.
  • Smadav 2013 Rev. 9.2 : Penambahan database 229 virus baru, Support untuk Windows 8 (Smadav dapat digunakan di Windows XP/Vista/7/8), Perubahan tampilan, dsb.


link download.......

selamat mendownload dan LAWAN VIRUSSSSSSSSSSS!!!!!!!!!!!

Cinta Tapi Beda (2012) DVDRip 400MB

Download Cinta Tapi Beda (2012) DVDRip 400MB Ganool
Release Date: 27 December 2012 (Indonesia)

Genre: Drama
Stars: Ratu Felisha, Nungki Kusumastuti, Reza Nangin

Quality: DVDRip

Encoder: SHQ@Ganool
Source: DVDRIP.x264.AC3-Anonymous
Size: 400MB
Subtitle: Indonesia, English
Synopsis:
Cahyo is a charming boy from Yogyakarta, He works as chef in Jakarta. He was born from Fadholi dan Munawaroh, an Islamic family. Cahyo broken heart because, Mitha (his ex-girlfriend) have an affair. Diana, a girl from Padang. She have Indonesian’s face actually, She is a student from art university. She lives with her uncle and her auntie in Jakarta. Diana’s family is a Catholic family. Cahyo dan Diana met at contemporary dance show in Jakarta. And after it, they’re dating. Even, has two different religion. They seriously, to continue their relationship. They want to be married. Diana fears while Cahyo bring her to his parents. Cahyo’s mom can understand her son’s love, But Fadholi not. Till the end of the time Fadholi never give permission to Cahyo. And If Cahyo imposes, Fadholi choose to break-up his family with Cahyo. Not easy for Cahyo dan Diana to continue this relationship with two different religion. Diana’s mother also disagree. Diana’s sister has been leaving her religion, include her uncle and auntie, they left. Diana’s mother imposes Diana to follow her. Finally Diana choose to go back to Padang and accept the matchmaking with dr. Oka, her mother chose and have same religion with her. She try to close her heart for Cahyo.

SCREENSHOOT
Download Cinta Tapi Beda (2012) DVDRip 400MB Ganool

download link..................

Mightyupload: Full Speed

FileDais: Full Speed

UploadScenter: Full Speed

CARA MENDAFTAR DI AdFly

Berburu Dollar dari adf.ly - Salah satu lagi cara untuk menghasilkan uang yang baru-baru ini sering digunakan oleh para Blogger adalah dengan menggunakan situs adf.ly. Situs ini terbukti akan memberikan kita dollar setiap link yang kita buat diklik oleh seseorang. Cara kerja situs ini sangatlah mudah, anda hanya diharuskan memasukkan link yang ingin anda jadikan sebagai penghasil uang, lalu Adf.ly akan memberikan link baru alias link pengganti yang jika diklik, kita akan mendapatkan dollar, piye? mudah to?. Misalkan saja seperti ini, saya mempunyai link download

http://www.microsoft.com/downloads/details.aspx?FamilyID=a1a48de1-e264-48d6-8439-ab7139c9c14d&displaylang=id

Lalu link tersebut saya masukkan ke adf.ly, maka adf.ly akan memberikan link baru yang jika diklik, kita akan mendapatkan dollar. Link yang diberikan oleh adf.ly lebih pendek, seperti http://adf.ly/Aqu. Jadi intinya adf.ly ini juga digunakan untuk memperpendek suatu link dan menyembunyikan link aslinya, seperti tinyurl dan usercash. Tapi kehebatan adf.ly daripada yang lain adalah, seperti diatas tadi, kita akan dibayar setiap link kita diklik. O'iya, jika anda ingin menggunakan layanan ini, sebelumnya anda harus mendaftar atau membuat akun di adf.ly. Jangan cemas, karena jika anda mendaftar, anda langsung mendapatkan bonus $5.

Dan berikut ini adalah detail tentang adf.ly: 
Setiap kita mendaftar,kita akan langsung mendapatkan bonus $5
Setiap link yang di klik pengunjung site kita, akan mendapatkan $0.001
Pembayaran apabila mencapai $20
Pembayaran menggunakan paypal dan akan di proses setelah 48 jam – 72 jam
Bagaimana Cara Mendaftar? Mendaftar ke adf.ly sagatlah mudah, caranya:

1. buka adf.ly
2. Lalu klik 'Join Now'
join adfly
3. Anda akan disuruh untuk mengisi formulir pendaftaran 
Your Name: Silakan isi dengan nama anda
E-mail: masukkan alamat e-mail anda (nanti akan digunakan untuk konfirmasi)
Retype E-mail: diisi dengan e-mail sekali lagi
Password: isikan dengan password yang anda inginkan
Retyper password: isi dengan password yang telah anda buat tadi
Account type: pilih Link Shriker juka anda ingin menjadi penyebar link
4. jika semua sudah terisi, klik 'Join Now' 
join
5. Sekarang cek E-Mail. adf.ly akan mengirimkan email konfirmasi kepada anda. Coba cari di inbox, jika tidak ada, mungkin email masuk ke spam. Jika sudah ketemu, langsung dibuka saja emailnya. Anda akan menemui kode konfirmasi dan link untuk pergi ke halaman aktifasi pada email tersebut. 
confirm
6. Blok kode konfirmasi dan copy ke halaman aktifasinya.
7. Nah, berarti anda sudah terdaftar ke adl.fy 

LOGIN KE ADFLY

Sebelum membuat link dan menghasilkan uang, anda diharuskan untuk log in atau mesuk ke akun adl.fy masing-masing. Caranya sagatlah mudah, buka http://adf.ly/. Lalu coba lihat pada bagian bawah halaman, anda akan menemui form untuk login ke adlfy. Lalu tinggal memasukkan alamat email dan password yang telah anda buat tadi. Terakhir, klik login. 

Membuat link agar menghasilkan dollar 

OK, sekarang kita akan langsung membuat link tersebut, langkahnya:

1. Login dulu ke adf.ly
2. Persiapkan link yang akan dijadikan mesin penghasil dollar
3. Copy link tersebut dan pastekan ke textbox di bagian atas halaman, contohnya saja seperti gambar dibawah ini

4. Klik "Shrink!"
5. Jreeeng, link akan menjadi pendek (jika link tersebut diklik, maka secara otomatis anda akan mendapatkan dollar).
6. Copy link tersebut dimana-mana 

Nb: Sekedar tips saja, untuk memasarkan link yang telah diconvert ini bisa dilakukan dengan cara memasangkannya di facebook, twitter, forum dan lain sebagainya. 

HAVE FUN GUYS!!!!!!!!

Tuesday, April 22, 2014

TORAJA MOST POPULAR SITE

1) BATU TUMONGA
Located in the area Sesean, with an altitude of 1300 meters above sea level. When morning in Batutumonga, fog and a set of white clouds wrapping the sky Tana Toraja. You'll feel like being standing, in the land of clouds. Batutumonga is a fairly quiet area and quiet activities. There's not much you can do other than enjoy the natural beauty and tranquility. It is suitable for those who want to eliminate fatigueIn this area you can find about 56 stone in a loop with 4 trees in the middle. Most of the stones have a height of about 2-3 meters. From this place you can see the beauty of Rantepao and surrounding valleys.



2) BUNTU KALANDO
Buntu Kalando is situated at the district of Sangalla', about 22 km from Rantepao.  At this location some traditional houses (tongkonan) can be found  here.  They belong to the local king, Puang Sangalla'.  There is also a small museum contains the things belong to the king.How to go  : Take Public car from Makale Bus Terminal, Makale-Sangalla' or Makale-Batualu.  it is possible for the car to take you to the museum directly or you may take public motorbike (Ojek) from the car terminal in Sangalla' market to the museum.  Walking is also possible from Sangalla' market or the central part of Sangalla' sub-district.












3) BORI PARINDING
Bori ParindingBori Parinding
The site of Bori Parinding is a combination of ceremonial grounds and burials. The ceremonial ground is an open space used for traditional ceremonies, including rituals for the dead and thanksgiving.









4) BUNTU PUNE
Formerly, the sites of Buntu Pune and Rante Karassik belonged to one integrated settlement. Buntu Pune was the dwelling compound and Rante Karassik was the ceremonial ground. Although these sites are now separated due to recent development, the sites still function as they did in the past.








5) BUNTU BURAKE
Buntu BurakeBuntu Burake
One of the new potency in Tana Toraja tourism.  It is located in the  district of Makale, about 25 km south of Rantepao.  From the hill   beautiful panorama and the overwiew of Makale town can be seen. How to go  :  You may take a walk up to hill from Makale.  It is the best option since the roads are still bad.  Yet, going by motorcycle or public motorcycle is also possible.








6) KAMBIRA
The  baby grave in KambiraThe  baby grave in Kambira
Kambira is situated  about 19 km to the south of Rantepao in the district of Sangalla'.  It can be reached even by walking from Sangalla'.  There are a lot of baby graves,  liang pia ' or ' passiliran in the living trees. How to go  :  You may take public cars from Makale to Sangalla'.  It is possible that the driver takes you to the location or you can continue walking from the car pool for about 500 metres.  Taking the motorcycle or public motocycles is possible as well.








7) KANDE API
The site of Kande Api consists of a compound of houses and granaries, ceremonial ground and burial places. There are 4 houses and 11 granaries within the compound. The houses and granaries stand respectively in the southeast and northwest, facing each other. An open space of about 20 meters wide runs the length of the compound, separating the houses and granaries. The ceremonial ground is an elevated piece of land lying about 75 meters southwest of the compound. A church has been built in the north-eastern corner, surrounded by a considerable number of standing menhirs. Towering limestone cliffs lie some 25-50 meters north of the compound. In the past, the foot of these hills served as a burial site for the Kande Api people.




8) LONDA
Londa is a grave site where two methods of burial are customary. Here, the coffins of ordinary people are placed in caves and crevices at the foot of the hill, while the remains of persons of higher rank rest in burial chambers carved from the wall of the limestone cliff. The latter are accompanied by Tau-tau, placed close to the chamber. The higher the status of the deceased, the higher the chamber, which can be situated as far as 50 meters from the ground.







9) KE'TE KESU'
Among the nominated sites, Ke'te' Kesu' is the most complete settlement. The site consists of a compound of houses and granaries, burial place, ceremonial ground, ricefields and water-buffalo pasture. The cultural landscape around Ke'te' Kesu' makes this area one of the most beautiful places in Tana Toraja. Ke'te Kesu' compound comprises 6 Tongkonan houses and 12 granaries. The houses and granaries are laid out in the traditional arrangement and one of the houses serves as a museum. To the north, at a distance of about 50 meters, lies the ceremonial ground, displaying more than 20 menhirs.





10) MAKULA'
Makula'Makula' is situated about 27 km from Rantepao at the district of South Sangalla'.  There is a natural hot-water spring with three pools for bathing.  There are also several rooms available for accomodation and a small restaurant. How to go  :  You may take public cars, Makale-Batualu, and stop by directly at the object because it lies nearby Makale-Batualu main road.







11) LEMO
Lemo is a cliff burial site with galleries of ancestor statues "Tau-Tau" that guard the graves. There are about 75 graves and each hole is a family tomb. To make this hole can take 6 months to 1 year. This place is often referred to as the home of the spirits. In this cemetery, you can see the bodies stored in the open air, amid the steep rocks. This cemetery is a blend of death, art and ritual. At certain times the corpses clothing will be replaced with the ritual. Lemo grave stone is located in the north Makale, Tana Toraja. How to go  :  You may take public cars from Makale to Rantepao.  then you may take public motocycles  or walking to the object from Makale-Rantepao main road.





12) NANGGALA
Nanggala site is principally a compound of 2 houses (tongkonan) and 16 granaries (alang), arranged in rows and aligned east-west. The houses and granaries lie respectively on the southern and northern ends of the compound, facing each other. Between them, an open space is used for social interaction and family gatherings. The compound is surrounded by a low stone wall with an entrance on the western side. To the east lies the ceremonial ground (rante) and graveyard, where several wooden coffin houses (patane) are placed.





13) PALA' TOKE'
The site of Pala Toke is principally a burial place located on a towering limestone hill, from where a rice field extends to the north, east and west. A compound of 4 houses and 5 granaries, as well as a ceremonial ground displaying menhirs, lies about 200 meters north of the burial place.



14) PALLAWA
Pallawa site is also a compound of houses and granaries. In total there are 11 houses and 15 granaries. Like many Toraja compounds, the Pallawa houses and granaries are arranged in two parallel rows aligned east-west direction. The houses face north, while the granaries face south. The entrance is situated in the western side of the compound. The ceremonial ground lies about 350 meters to the east.





15) RANTE KARASSIK
The site of Rante Karassik is a ceremonial ground on a sloping hill. As mentioned above, this site is actually a part of the Buntu Pune traditional settlement. Until today, the Buntu Pune people still use the ground for certain ceremonies, in particular those connected with death. Since Rante Karassik is situated quite far from the Buntu Pune compound, the two sites appear to be quite separate. Uniting them is no longer possible, since recent development has resulted in a dense population of the area in between.





16) TUMAKKE
The site of Tumakke displays a distinctive traditional house built on a raised terrace. Although its construction is no different to the common Toraja dwelling, the saddle-like roof of the Tumakke house is covered with stone slabs measuring 50-60cm long, 30-40cm wide and 5-10cm thick. On the north-eastern side of the house, at a distance of some 5 meters, stands a small granary.




Contact : +6281243334130
e-mail : diamara26@gmail.com

OBJEK WISATA TORAJA PALING UPDATE

  Toraja memiliki banyak tempat untuk dikunjungi oleh wisatawan. Tempat-tempat seperti tempat bersejarah dan tempat yang memiliki pemandangan yang mejakjubkan.  Hanya beberapa meter dari pusat kota seperti Rantepao dan Makale, kita sudah bisa menemukan banyak rumah adat Tongkonan, kuburan batu, batu megalith menhir, dan lain-lain. Sepanjang tahun juga akan bisa ditemui beberapa pesta adat, seperti upacara kematian dan upacara perkawinan. Toraja juga memiliki hari-hari pasar tradisional yang sangat menarik untuk dikunjungi.

  Berikut beberapa objek wisata terupdate di TORAJA:
Nama Objek Wisata: Tirotasik
Daya Tarik Wisata Utama: Panorama Alam
Di Kelurahan/Lembang: Sa'dan Tiroallo
Kecamatan: Sa'dan
Jenis Wisata: Alam
Keterangan: Utara

Nama Objek Wisata: Tongkonan Unonni
Daya Tarik Wisata Utama: Budaya, Permandian Alam, Panorama
Di Kelurahan/Lembang: Sa'dan Matallo
Kecamatan: Sa'dan
Jenis Wisata: Budaya & alam
Keterangan: Utara

Nama Objek Wisata: Batu kianak
Daya Tarik Wisata Utama: Budaya, Permandian Alam, Panorama
Di Kelurahan/Lembang: Sa'dan Malimbong
Kecamatan: Sa’dan
Jenis Wisata: Budaya dan Alam
Keterangan: Utara

Nama Objek Wisata: Bate Bambalu.
Daya Tarik Wisata Utama: Museum Mini, Pengrajin Tenun Tradisional.
Di Kelurahan/Lembang: Sa'dan Matallo.
Kecamatan: Sa'dan .
Jenis Wisata: Museum.
Keterangan: Utara.

Nama Objek Wisata: Galugu dua.
Daya Tarik Wisata Utama: Tongkonan, Pertenunan tradisional.
Di Kelurahan/Lembang: Sa'dan Malimbong
Kecamatan: Sa'dan
Jenis Wisata: budaya
Keterangan: Utara

Nama Objek Wisata: Ballo Pasenge' dan Ba'ba Saratu'
Daya Tarik Wisata Utama: Air Terjun, Pohon Keramat, Tongkonan
Di Kelurahan/Lembang: Ulusalu
Kecamatan: Sa'dan
Jenis Wisata: Budaya & alam
Keterangan: Utara

Nama Objek Wisata: Palawa'
Daya Tarik Wisata Utama: Tongkonan, Pengrajin Tenunan Tradisional
Di Kelurahan/Lembang: Palawa'
Kecamatan: Sesean
Jenis Wisata: budaya
Keterangan: Utara

Nama Objek Wisata: Patane Pong Masangka
Daya Tarik Wisata Utama: Tongkonan, Pengrajin Tenun Tradisional.
Di Kelurahan/Lembang: Pangli
Kecamatan: Sesean
Jenis Wisata: Budaya
Keterangan: Utara

Nama Objek Wisata: Lingka Saile Belo Raya
Daya Tarik Wisata Utama: Banua Tongkonan
Di Kelurahan/Lembang: Balusu
Kecamatan: Balusu
Jenis Wisata: Budaya
Keterangan: Utara

Nama Objek Wisata: Rantewai
Daya Tarik Wisata Utama: Banua Tongkonan
Di Kelurahan/Lembang: Balusu
Kecamatan: Balusu
Jenis Wisata: Budaya
Keterangan: Utara

Nama Objek Wisata: Kollo-kollo
Daya Tarik Wisata Utama: Banua Tongkonan
Di Kelurahan/Lembang: Balusu
Kecamatan: Balusu
Jenis Wisata: Budaya
Keterangan: Utara

Nama Objek Wisata: Rante Tendan
Daya Tarik Wisata Utama: Banua Tongkonan
Di Kelurahan/Lembang: Balusu
Kecamatan: Balusu
Jenis Wisata: Budaya
Keterangan: Utara

Nama Objek Wisata: Tondon
Daya Tarik Wisata Utama: Liang Paa', Erong
Di Kelurahan/Lembang: Balusu
Kecamatan: Balusu
Jenis Wisata: Budaya
Keterangan: Utara

Nama Objek Wisata: To' Tarra'
Daya Tarik Wisata Utama: Gua Alam, Tempat Pekuburan
Di Kelurahan/Lembang: Balusu
Kecamatan: Balusu
Jenis Wisata: Budaya
Keterangan: Utara

Nama Objek Wisata: Bambu Kawasik
Daya Tarik Wisata Utama: Tongkonan
Di Kelurahan/Lembang: Awa' Kawasik
Kecamatan: Balusu
Jenis Wisata: Budaya
Keterangan: Utara

KARRUME DAN LONDE TORAJA

Karrume

Karrume adalah permainan tebak-tebakan dalam bahasa toraja. Materi tebak-tebakan dapat berupa apa saja yang menjadi bagian hidup toraja. Suatu kejadian, alat, proses, binatang, tumbuhan, hingga kelakuan seseorang dapat diambil menjadi topik karrume. Topik ini kemudian digambarkan dalam gaya bahasa perumpamaan yang sedemikian sehingga menjadi sesuatu yang menarik untuk diterka. Karrume menantang dan mengasah kreativitas, mengakrabkan, dan menceriakan. Bagi sebagian toraja, karrume ini adalah kenangan. Kenangan inilah yang mendorong kami mengkoleksi kembali warisan ini, dan menyajikannya di sini. Harapan kami masih sama, karrume kembali dikenang, digemari, dan makin dicintai.


PENJELASAN KARUME (Teka-teki Toraja)


Menurut Kamus Toradja – Indonesia 1972, Karume atau Karrume berarti teka-teki, ma’karume: berteka-teki; sikarume: saling berteka-teki. Karume adalah teka-teki khas Toraja, biasanya dilakukan bila menjelang istirahat di malam hari atau pada saat beristirahat kerja di siang hari.

Karume merupakan media untuk mendorong daya pikir, mengasah otak, mendorong kreatifitas anak dalam membuat teka-teki baru serta memperluas wawasan terutama tentang realitas disekitarnya. Karume menjadi sarana perkembangan diri bagi anak-anak Toraja pada zaman dahulu. Sikarume (saling berteka-teki) merupakan suatu kegiatan yang yang menarik, terutama oleh anak-anak, dianggap sebagai kegiatan rekreasi yang mengundang canda dan tawa karena kadang jawabannya terasa lucu dan tidak terpikirkan sebelumnya. Karume pada setiap kampung biasanya berbeda susunan kata-katanya tapi maksudnya sama.

Namun pada zaman modern ini Sikarume (berteka-teki) sangat jarang sekali dilakukan oleh anak-anak Toraja terutama yang tinggal di kota mengingat semakin banyaknya hiburan lain yang lebih menarik seperti televisi, permainan game, internet, handphone, dll.


Contoh Karume-rume Toraya (Teka-teki Toraja)

1. To siruran dao langi’ Tangsipeta’daan uainna (Orang yang berketurunan diatas langit tidak saling meminta airnya)

Jawab: Bua kaluku (buah pohon kelapa)

2. Ta’pian mellolok kayu (sekam berpucuk kayu)

Jawab: Daun buangin (Daun kayu cemara Toraja)

3. Mentioangan tangmamara (Berteduh tapi tidak kering)

Jawab: Lila (Lidah)

4. To kia’tang soro’ boko’ (Orang hamil bergeser/berjalan mundur)

Jawab: Bi’ti’ (Betis)

5. To bukku’ to bukku’ unnondoi liku (Orang bungkuk orang bungkuk mengoyangkan palung sun gai/danau)

Jawab: Pekan (Pancing)

6. Suke sembang rundu’ salu (Tabung bambu yang ujungnya terpotong miring mengikuti air)

Jawab: Suso (siput)

7. To lusau’ to lurekke sirenden asu busa’na (orang yang ke selatan orang yang ke utara memegang anjing putihnya

Jawab: uai sola burana diong salu (air bersama busanya di sungai)

8. Sangeran ditoke’ toke’ mema’tik matikan elo’ (Batu asa digantung-gantung melelehkan air liur)

Jawab: Pao dao lolokna (buah mangga di pohon)

9. Toena’ kunukkun (Peganglah supaya kumenyelam)

Jawab: Petimba uai (Timba air)

10. Toena’ kualangko (Peganglah supaya kuambilkan

Jawab: Pesumpa’ (Gala penjolok buah)

11. Mengkalaokan kemakale’ ta’pa dio randan langi’ (Turun waktu pagi langsung berada di pinggir langit)

Jawab: Mata mentiro (mata melihat)

12. Kusaile anna marira kudi’pu’ anna manaran (Kulirik ternyata liar kupungut ternyata jinak)

Jawab: Talinga (telinga)

13. Sare piona nene’ku tangdilambi’ didangkanni (Celana kain compang-capingnya/koteka nenekku tak terjengkali/terukur)

                 Jawab: Lalan (jalan)

14. Indo’ lai’ diong to tallang metamba-tamba laboko (Ibu di bawah rumpun bambu berteriak-teriak akan mencuri)

                 Jawab: Kaduaya/kadoya (burung gagak)

Pustaka: 

A.T. Marampa’,  Sastra Budaya Toraja

J.B. Lebang, Karume-Rumena Toraya

J. Tammu dan H. Van der Venn, Kamus Toradja-Indonesia 1972


Londe

Berpantun dan bertutur dengan permainan kata-kata dan ungkapan berkembang dengan baik bersama perkembangan budaya dan bahasa toraja. Toraja menyebut syair-syair pantun ini londe.

Londe diangkat dari hasil olah rasa dan pemikiran tentang sesuatu hal atau maksud. Isinya dapat berupa nasehat, pendapat, ungkapan perasaan, hingga lelucon.

Ketiadaan budaya tulisan menjadikan londe sangat terbatas sebagai tradisi lisan yang diwariskan turun-temurun sejak awal perkembangannya.

Saat ini, ketika londe mulai tergeser dengan kalimat-kalimat indah berbahasa asing, kami mencoba mengumpulkan kembali satu per satu dari berbagai sumber, dan mencatatkan untuk kemudian tetap dapat dibaca lagi kapan saja, tanpa khawatir akan hilang dari ingatan.


londe allo totemo
londe hari ini 
=========================
apara ballota tau
ullolangngi te lino
petawa mammi
lako tutunna lalan

=========================

alla'ko kakita-kita
lako kalosi pare
mande' rampona
tang diteka' mangura
=========================

Alla'ko kagereng-gereng
lako manuk undara
tang nabengan pa indo'na
lamu umbu' mangura

=========================


kengku bua-bua teda'
kengku ta'bi lelupang
umbai inang la la'ka' na'
dio randan dodomu

ILMU BAHASA (LINGUISTIC SCIENCE)


Linguistik (IPA: /liŋ'gwistika/) adalah ilmu bahasa. Bergantung pada sudut pandang dan pendekatan seorang peneliti, linguistika seringkali digolongkan ke dalam ilmu kognitif, psikologi, dan antropologi.

Ada tiga aspek luas penelitian, yang meliputi bentuk bahasa, makna bahasa, dan bahasa dalam konteks.[1] awal kegiatan yang dikenal dalam deskripsi bahasa telah dikaitkan dengan Pāṇini sekitar 500 SM, dengan analisisnya dari bahasa Sansekerta di Ashtadhyayi.[2]

Bahasa dapat dipahami sebagai suatu interaksi suara dan makna.[3] Disiplin yang mempelajari suara linguistik disebut sebagai fonetik, yang berkaitan dengan sifat sebenarnya dari suara pidato dan suara non pidato, dan bagaimana mereka diproduksi dan dirasakan. Studi tentang makna bahasa, di sisi lain, ini berkaitan dengan bagaimana bahasa menggunakan logika dan referensi dunia nyata untuk menyampaikan, proses, dan menetapkan makna, serta untuk mengelola dan menyelesaikan ambiguitas. Hal ini pada gilirannya mencakup studi semantik (bagaimana makna disimpulkan dari kata-kata dan konsep) dan pragmatik (bagaimana makna disimpulkan dari konteks).[4]

Ada sistem aturan (dikenal sebagai tata bahasa) yang mengatur komunikasi antara anggota suatu masyarakat tutur tertentu. Grammar dipengaruhi oleh suara dan makna, dan termasuk morfologi (pembentukan dan komposisi kata-kata), sintaks (pembentukan dan komposisi frasa dan kalimat dari kata-kata ini), dan fonologi (sistem suara).[5] Melalui korpus linguistik, potongan besar teks dapat dianalisis untuk kemungkinan kejadian bentuk linguistik tertentu, dan pola gaya dalam wacana tertulis atau lisan.

PENGERTIAN LINGUISTIK

Ø Kajian tentang bahasa manusia.

Ø Kajian tentang bahasa manusia itu dilakukan dengan cara ilmiah.

Ø Hipotesis, pemerhatian, penelitian dan penganalisisan dibuat secara empiris dan terkawal.

Ø Berteraskan apa-apa yang dapat dilihat, mengetepikan andaian yang bersifat mujarad.

Ø Bersifat objektif, dan hasilnya dapat diuji kesahan dan keboleh percayaannya.

Ø Struktur bahasa, penguasaan bahasa dan hubungan bahasa dengan bentuk komunikasi lain.

Ø Ujaran manusia yang meliputi kesatuan bahasa, hakikat bahasa, struktur bahasa, dan perubahan bahasa

 LINGUISTIK: PENGERTIAN LUAS

> Segala yang membicarakan soal bahasa.

> Tidak mengambil kira pendekatan yang digunakan dan tujuannya.

> Termasuk juga linguistik terapan, dan

> Hasil kerja penelitian dan hasil teoritis.

LINGUISTIK: PENGERTIAN SEMPIT

* Hasil penelitian dan teoritis.

* Kajian tentang subsistem bahasa (leksikon, gramatikal, dan fonologi).

* Termasuk semantik dan pragmatik (hubungan struktur bahasa dan sistem dengan konteksnya).

Linguistik merupakan ilmu yang memperlakukan bahasa sebagai bahasa

Contoh:

a. Ilmu fisika objeknya peristiwa alam

b. Ilmu pengobatan/kedokteran objeknya berbagai penyakit dan cara pengobatan


Linguistik berasal daripada bahasa Latin lingua yang berarti bahasa. Terdapat tiga istilah penting dalam konteks ini, yaitu:

Langue bahasa tertentu seperti bahasa Melayu, bahasa

Hindi, bahasa Arab…

Langage bahasa secara umum, dan bersifat mujarad.

manusia ada bahasa, binatang tidak.

Parole bahasa dalam kewujudan yang nyata, yang berupa

ujaran.

Selain linguistik, terdapat juga ilmu lain yang menjadikan bahasa

sebagai objek kajian.

1. Kesusasteraan wadah seni, pengungkapan karya seni, penciptaan keindahan.

2. Sosiologi alat interaksi sosial dalam masyarakat.

3. Psikologi gejala kejiwaan.

4. Fisika, phenomena alam

Bahasa sebagai sistem bukan sahaja bersifat sistematik tetapi juga bersifat sistemis.Sistemis bermaksud bahasa terdiri daripada subsistem seperti fonologi, morfologi, sintaksis dan semantic Dalam BM, kata linguistik bukan sahaja bermaksud ilmu tentang bahasa, tetapi juga bermaksud bahasa itu sendiri.


RUMUSAN PENGERTIAN LINGUISTIK

* Ilmu pengetahuan yang objeknya bahasa lisan dan tulisan.

* Mempunyai ciri: sistematik, rasional, empiris, pemerian struktur, pembahagian dan aturan bahasa.

* Ciri tersebutlah yang dikatakan ilmiah.

* Linguistik ialah kajian bahasa secara ilmiah.

* Linguistik dapat dianggap sebagai sains.

* Sains ialah pengetahuan yang disusun dalam satu sistem yang berteraskan pengamatan, kajian dan pengalaman untuk menentukan hakikat dan prinsip tentang perkara yang dikaji.


TEORI LINGUISTIK

Teori digunakan dalam lima dimensi, iaitu:

1. Struktur yang terjadi daripada konsep yang bertalian. Semuanya tertumpu pada pengamatan dan andaian dalam ilmu yang berkaitan.

2. Proses penyelidikan yang berasaskan logika, bukannya eksperimen.

3. Prinsip yang berkait dengan praktis ilmiah dalam menemukan kebenaran ilmu.

4. Perangkap kaedah atau prinsip untuk pengkajian masalah ilmiah dalam dunia kecendekiaan.

5. Gagasan, penjelasan atau pemikiran tentang sebab terjadinya sesuatu fenomena

TEORI LINGUISTIK

Teori linguistik ialah subdisiplin linguistik yang membahas bahasa dan ilmu bahasa dari sudut pandangan teori tertentu. Contohnya:

1. Teori Tradisional

2. Teori Struktural

3. Teori Transformasional

4. Teori Tagmemik



1. Teori linguistik dikenali sebagai Induk Linguistik kerana melaluinya terpancar wawasan liku-liku bahasa yang digunakan dalam linguistik terapan.

2. Teori linguistik amat bermanfaat untuk membuat deskripsi, klasifikasi dan penjelasan terhadap peristiwa bahasa dini dan kini.

3. Teori linguistik juga merangkumi fakta di luar data yang dikaji. Oleh itu, istilah generatif yang bermaksud jangkauan ramalan masa hadapan sering digunakan.

4. Terdapat dua kategori teori linguistik, iaitu Teori kurang mujarad

(low level theory) dan Teori Mujarad (high level theory).



CIRI KEILMUAN LINGUISTIK

* Rapi, teratur baik dan tertib.

* Mantap, tidak berobah dan stabil.

* Ekonomis, jimat, tidak mubazir dan tidak berlebihan.

* Mudah, tidak sukar, gampang, dan senang.

* Tuntas dan berguna berasaskan teori yang tersusun.

* Eksplisit, tiada makna ganda, disusun dan dirumuskan secara tuntas.

* Sistematik, berperaturan, berpola dan generalisasi utuh, kesatuan tunggal dan senada.

* Objektif, pemerian sifat, hakikat, keadaan seadanya, kewujudan hakiki bebas daripada pertimbangan peribadi.



LINGUISTIK SEBAGAI ILMU

Pengetahuan dapat dianggap ilmu jika memenuhi kriteria berikut:

a. Pengetahuan itu mestilah teratur dan sistematik.

b. Pengetahuan itu bersifat progresif, dan semakin tinggi kualitinya.

c. Pengetahuan itu mempunyai autonomi, iaitu bersifat bebas.

d. Pengetahuan itu mempunyai objek.

Berasaskan kriteria itu, linguistik dapat dianggap sebagai ilmu pengetahuan, dan satu disiplin yang berautonomi, serta mempunyai objek. Objek linguistik ialah bahasa manusia.





TAHAP PERKEMBANGAN LINGUISTIK

* Tahap spekulasi: Kesimpulan dibuat tanpa bukti empiris dan tatacara tertentu. Contoh – asal kejadian bumi dan bahasa…

* Tahap pemerhatian dan klasifikasi: Penggolongan segala fakta bahasa dengan teliti tanpa teori tertentu.

* Tahap perumusan teori: Pemahaman masalah dasar/persoalan berasaskan data, dirumuskan hipotesis dan tatacara pengujian hipotesis.

* Linguistik yang mengalami ketiga-tiga tahap itu dianggap ilmiah.

* Linguistik mementingkan data empiris dalam penelitiannya. Data boleh dianalisis dengan cara induktif atau deduktif.

* Linguistik berusaha menemukan pendekatan dan kaedah hakiki bahasa yang diteliti. Oleh itu, linguistik dikenali sebagai ilmu nomotetik, dan tidak terhenti pada satu titik kesimpulan.

ILMU PENGETAHUAN ALAM (NATURAL SCIENCE)


Ilmu alam (bahasa Inggris: natural science; atau ilmu pengetahuan alam) adalah istilah yang digunakan yang merujuk pada rumpun ilmu dimana obyeknya adalah benda-benda alam dengan hukum-hukum yang pasti dan umum, berlaku kapan pun dimana pun.[1]

Sains (science) diambil dari kata latin scientia yang arti harfiahnya adalah pengetahuan. Sund dan Trowbribge merumuskan bahwa Sains merupakan kumpulan pengetahuan dan proses. Sedangkan Kuslan Stone menyebutkan bahwa Sains adalah kumpulan pengetahuan dan cara-cara untuk mendapatkan dan mempergunakan pengetahuan itu. Sains merupakan produk dan proses yang tidak dapat dipisahkan. "Real Science is both product and process, inseparably Joint" (Agus. S. 2003: 11)

Sains sebagai proses merupakan langkah-langkah yang ditempuh para ilmuwan untuk melakukan penyelidikan dalam rangka mencari penjelasan tentang gejala-gejala alam. Langkah tersebut adalah merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, merancang eksperimen, mengumpulkan data, menganalisis dan akhimya menyimpulkan. Dari sini tampak bahwa karakteristik yang mendasar dari Sains ialah kuantifikasi artinya gejala alam dapat berbentuk kuantitas.

Ilmu alam mempelajari aspek-aspek fisik & nonmanusia tentang Bumi dan alam sekitarnya. Ilmu-ilmu alam membentuk landasan bagi ilmu terapan, yang keduanya dibedakan dari ilmu sosial, humaniora, teologi, dan seni.

Matematika tidak dianggap sebagai ilmu alam, akan tetapi digunakan sebagai penyedia alat/perangkat dan kerangka kerja yang digunakan dalam ilmu-ilmu alam. Istilah ilmu alam juga digunakan untuk mengenali "ilmu" sebagai disiplin yang mengikuti metode ilmiah, berbeda dengan filsafat alam. Di sekolah, ilmu alam dipelajari secara umum di mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam(biasa disingkat IPA).

Tingkat kepastian ilmu alam relatif tinggi mengingat obyeknya yang kongkrit, karena hal ini ilmu alam lazim juga disebut ilmu pasti[2].

Di samping penggunaan secara tradisional di atas, saat ini istilah "ilmu alam" kadang digunakan mendekati arti yang lebih cocok dalam pengertian sehari-hari. Dari sudut ini, "ilmu alam" dapat menjadi arti alternatif bagi biologi, terlibat dalam proses-proses biologis, dan dibedakan dari ilmu fisik (terkait dengan hukum-hukum fisika dan kimia yang mendasari alam semesta).

Ilmu pengetahuan alam (IPA) atau Sains dalam arti sempit telah dijelaskan diatas merupakan disiplin ilmu yang terdiri dari physical sciences (ilmu fisika) dan life sciences (ilmu biologi). Yang termasuk physical sciences adalah ilmu-ilmu astronomi, kimia, geologi, mineralogi, meteorologi, dan fisika, sedangkan life science meliputi anatomi, fisiologi, zoologi, citologi, embriologi, mikrobiologi.

IPA (Sains) berupaya membangkitkan minat manusia agar mau meningkatkan kecerdasan dan pemahamannya tentang alam seisinya yang penuh dengan rahasia yang tak habis-habisnya. Dengan tersingkapnya tabir rahasia alam itu satu persatu, serta mengalirnya informasi yang dihasilkannya, jangkauan Sains semakin luas dan lahirlah sifat terapannya, yaitu teknologi adalah lebar. Namun dari waktu jarak tersebut semakin lama semakin sempit, sehingga semboyan " Sains hari ini adalah teknologi hari esok" merupakan semboyan yang berkali-kali dibuktikan oleh sejarah. Bahkan kini Sains dan teknologi manunggal menjadi budaya ilmu pengetahuan dan teknologi yang saling mengisi (komplementer), ibarat mata uang, yaitu satu sisinya mengandung hakikat Sains (the nature of Science) dan sisi yang lainnya mengandung makna teknologi (the meaning of technology).

IPA membahas tentang gejala-gejala alam yang disusun secara sistematis yang didasarkan pada hasil percobaan dan pengamatan yang dilakukan oleh manusia. Hal ini sebagaimana yang dikemukakan oleh Powler (dalam Wina-putra, 1992:122) bahwa IPA merupakan ilmu yang berhubungan dengan gejala-gejala alam dan kebendaan yang sistematis yang tersusun secara teratur, berlaku umum yang berupa kumpulan dari hasil obervasi dan eksperimen.