Sunday, May 18, 2014

KULINER KHAS NUSA TENGGARA TIMUR

1. Sambal Ikan Teri


Di daerah NTT ikan teri cukup populer sehingga dijadikan makanan yang cukup familiar. Cara membuat makanan yang satu ini juga tidaklah susah. Pertama tama panaskan minyak lalu masukkan lengkuas dan daun jeruk kamudian masukkan ikan teri tambahkan garam lalu aduk hingga kering. Sebenarnya resep paten untuk membuat makanan ini tidak ada karena cara membuatnya bisa dikreasikan dan disesuaikan dengan selera masing masing.

2. Seafood
Makanan Khas NTT - Nusa Tenggara Timur
Seperti dijelaskan diatas bahwa provinsi ini terdiri dari pulau pulau tentu saja banyak warga di pesisir pantai yang berprofesi sebagai nelayan. Banyak makanan khas yang berbahan dasar hewan laut. Beberapa contohnya ialah Gurami asam manis lalu ada tongkol bakar. Saya pernah mencoba olahan ikan di daerah Manggarai dan saya yakin rasanya sangat enak bukan karena bumbunya. tapi karena ikan yang diperoleh masih segar dan rasanya berbeda dengan ikan yang sudah disimpan yang mmebuat rasanya lebih nikmat..

Selain itu kamu juga bisa tahu bagaimana kehidupan nelayan di NTT.

3. Tumisan Bunga Pepaya


Selain itu daerah ini juga makanannya cukup banyak yang merupakan tumisan seperti plecing kangkung. Selain itu juga ada kuliner yang cukup unik yaitu tumis bunga pepaya. Saya yakin belum banyak yang pernah mencoba makanan khas yang satu ini. Rasanya cukup unik dahulu saya berberapa kali mencobanya dan saya jarang menemukan makanan yang rasanya hampir sama jadi makanan ini cukup unik.

4. Rumpu Rempe

Makanan ini terdiri dari beberapa sayuran dan daging yang dicampurkan bersama menjadi lauk. Warnanya yang kecoklatan dan aroma nikmatnya semakin mengguga selera. Enak disajikan hangat.

No comments:

Post a Comment